Kapan Jamaah Haji Melakukan Mabit Di Mina?

Mina adalah tempat bagi jamaah haji untuk melakukan mabit/ bermalam selama 2 malam bagi yang mengambil nafar awal pada tanggal 11, 12 Dzulhijjah dan 3 malam bagi yang mengambil nafar tsani pada tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah. Selama mabit di Mina jemaah haji harus menghayati makna dan hikmah dengan banyak berzikir berdoa dan menghayati perjalanan.

Mengapa jamaah haji melaksanakan mabit di Mina?

Jamaah haji melaksanakan Mabit di Mina sebagai kelanjutan dari suatu pelaksanaan ibadah sebelumnya, dan di laksanakan pada tanggal 10,11 dan 12 dzulhijjah (bagi jamaah yang Nafar awal), dan tanggal 10,11,12 dan 13 Dzulhijjah bagi yang nafar Tsani. Diantara keistimewaan Mina antara lain:

Apa itu MABIT?

Sahabat ihram, sekedar informasi, bahwa ada sebagian jamaah haji, termasuk dari Indonesia, menempati kawasan yang disebut sebagai Mina Jadid saat menjalani prosesi mabit atau menginap. Nah sebelum itu sekedar mengingatkan tentang mabit. mabit adalah kegiatan kerohanian islam,sebagai penigkatan keimanan dan ketaqwaan seorang muslim.

Kapan mabit di Muzdalifah?

Tahap Pertama: Mabit di Muzdalifah dilakukan tanggal 10 Zulhijah, yaitu lewat tengah malam sehabis wukuf di padang Arafah. Mabit tahap pertama ini biasanya hanya beberapa saat saja, yaitu secukup waktu untuk mengumpulkan 7 buah krikil guna melontar jumrah Aqabah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *