Kapan Jaminan Pensiun Bisa Dicairkan?

Pasalnya, pemerintah mengumumkan bahwa JHT baru bisa dicairkan setelah penerima berusia 56 tahun. Setelah kebijakan tersebut dikeluarkan, banyak orang yang bingung tentang kebijakan JHT dan jaminan pensiun (JP). Banyak orang mencari jawaban apakah jaminan pensiun bisa dicairkan sebelum JHT atau sebaliknya.
Perihal pencairan Jaminan Pensiun dapat dilakukan pencairan jika peserta sudah memasuki usia pensiun 57 tahun, meninggal dunia, atau mengalami cacat total tetap.

Apakah jaminan pensiun bisa dicairkan setelah resign?

Dalam aturan lama, pemerintah tidak mengatur batas usia pensiun pekerja yang bisa mencairkan JHT. Para peserta yang mengundurkan diri dapat mencairkan JHT secara tunai dan sekaligus setelah melewati masa tunggu 1 bulan sejak tanggal surat pengunduran diri dikeluarkan dari perusahaan.

Jaminan pensiun dapat diambil kapan?

Sebelumnya, pekerja dapat mencairkan Jaminan Hari Tua (JHT) satu bulan setelah di-PHK atau mengundurkan diri. Peraturan terbaru Kementerian Ketenagakerjaan menetapkan JHT baru bisa diambil 100% setelah pekerja menginjak usia pensiun, yaitu 56 tahun.

Apakah JP bisa dicairkan?

Jika JHT bisa dicairkan meski belum masuk usia pensiun, JP hanya bisa dicairkan setelah pensiun atau usia 56 tahun.

Apakah jaminan pensiun bisa dicairkan sebelum usia pensiun?

Dalam UU SJSN, JHT Bisa Dicairkan Sebelum Usia Pensiun 56 Tahun.

Bagaimana cara klaim jaminan pensiun?

Prosedur klaim BPJS Pensiun online:

  1. Unduh Formulir 7 (Form Pengajuan Manfaat Jaminan Pensiun) di website BPJS Ketenagakerjaan di sini.
  2. Lengkapi formulir dengan mengisi data yang diminta, seperti data diri peserta, no kartu peserta, data ahli waris, NPWP, dan seterusnya.
You might be interested:  Jelaskan Mengapa Pihak-Pihak Tertentu Memerlukan Informasi Akuntansi?

Apakah uang pensiun bisa diambil sekaligus?

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK 50) tersebut, terhitung sejak tanggal 3 Oktober 2012 bagi Pensiunan yang menerima Manfaat Pensiun kurang dari atau sama dengan Rp.1.500.000,- dapat mengambil Manfaat Pensiunnya secara sekaligus.

Jaminan pensiun dapat berapa?

Dibayarkan berkala setiap bulan setelah mengiur minimal 15 tahun. Untuk pertama kali, Manfaat Pensiun paling sedikit ditetapkan sebesar Rp300.000,00 dan paling banyak sebesar Rp. 3.600.000,00 untuk setiap bulan. Besaran manfaat pensiun tersebut disesuaikan setiap tahun berdasarkan tingkat inflasi tahun sebelumnya.

Apakah jaminan pensiun bisa dicairkan sebelum umur 56 tahun?

Dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) nomor 19 tahun 2015 tentang tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT), tidak ada ketentuan yang mengatur bahwa klaim/pencairan jaminan hari tua (JHT) baru bisa dilakukan pada usia 56 tahun.

Apakah kartu JHT dan JP sama?

Dua di antaranya yakni Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP). Banyak yang salah mengira, kedua program ini memiliki manfaat yang sama. Padahal, JHT dan JP berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *