Kapan Ki Hajar Dewantara Menggunakan Nama Indonesia Pertama Kali?

Sementara itu, pribumi yang pertama kali menggunakan nama Indonesia adalah Suwardi Suryaningrat atau lebih dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara. Beliau menggunakan nama Indonesia saat mendirikan sebuah biro pers dengan nama Indonesische Persbureau tahun 1913.

Kapan tanggal wafat Ki Hajar Dewantara?

Wikimedia Commons memiliki media mengenai Ki Hajar Dewantara. Wikimedia Commons memiliki media mengenai Surat-surat Ki Hajar Dewantara. ^ Ini adalah versi Perguruan Tamansiswa dan Kepustakaan Presiden Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, tokohindonesia.com menyebutkan 28 April 1959 sebagai tanggal wafat.

Bagaimana bentuk perjuangan Ki Hajar Dewantara?

Bentuk Perjuangan Ki Hajar Dewantara. Di bidang pendidikan, Ki Hajar Dewantara mendirikan Perguruan Taman Siswa, pada 3 Juli 1922. Perguruan ini sangat menekankan pendidikan rasa kebangsaan kepada peserta didik, agar mencintai bangsa dan Tanah Airnya, serta berjuang untuk memperoleh kemerdekaan.

Siapa temannya Ki Hajar Dewantara?

Karena tulis-tulisan itu, Ki Hajar Dewantara dan bersama 2 temannya yakni, Dr. Cipto Mangunkusumo, dan Dr. E.F.E. Douwes Dekker, ditangkap dan ditahan dalam penjara.

You might be interested:  Mengapa Libur Maulid Digeser?

Siapa Istri Ki Hadjar Dewantara?

Pada tahun 1913, Ki Hadjar Dewantara kemudian mempersunting seorang wanita keturunan bangsawan yang bernama Raden Ajeng Sutartinah yang merupakan putri paku alaman, Yogyakarta. Dari pernikahannya dengan R.A Sutartinah, Ki Hadjar Dewantara kemudian dikaruniai dua orang anak bernama Ni Sutapi Asti dan Ki Subroto Haryomataram.

Kapan Nama Indonesia diperkenalkan dan oleh siapa?

Nama “Indonesia” pertamakali muncul di tahun 1850, di sebuah majalah ilmiah tahunan, Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia (JIAEA), yang terbit di Singapura. Penemunya adalah dua orang Inggris: James Richardson Logan dan George Samuel Windsor Earl.

Kapan nama Indonesia resmi digunakan?

Sedangkan nama Indonesia dipakai pada ikrar Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, ‘Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa: Indonesia’. Nama Indonesia diresmikan sebagai nama negara melalui Proklamasi Kemerdekaan pada tahun 1945.

Siapa yang pertama kali memberi nama Indonesia?

Pribumi yang mula-mula menggunakan istilah ‘Indonesia’ adalah Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara). Ketika dibuang ke negeri Belanda tahun 1913 ia mendirikan sebuah biro pers dengan nama Indonesische Persbureau.

Siapa sarjana Indonesia yang pertama menggunakan nama Indonesia di Belanda?

Kemudian sarjana Indonesia pertama yang menggunakan nama Indonesia adalah Suwardi Suryaningrat atau Ki Hajar Dewantara ketika ia mendirikan kantor berita di Belanda dengan nama Indonesisch Pers Bureau pada tahun 1913.

Kenapa negara ini di beri nama Indonesia?

Penamaan ‘bahasa Indonesia’ diawali sejak dicanangkannya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928, untuk menghindari kesan ‘imperialisme bahasa’ apabila nama bahasa Melayu tetap digunakan.

Sebelum nama Indonesia Apa nama awal sejarahnya?

1. Hindia. Jauh sebelum dikenal dengan nama Republik Indonesia, Hindia digunakan masyarakat internasional untuk menyebut tanah Indonesia. Nama Hindia diciptakan oleh Herodotus, ahli ilmu sejarah asal Yunani.

You might be interested:  Mengapa Singapura Memiliki Wilayah Yang Strategis Dalam Lalu Lintas Perdagangan?

Indonesia berasal dari kata apa?

Bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang dari bahasa Melayu yang sejak zaman dulu sudah dipergunakan sebagai bahasa perhubungan (lingua franca) bukan hanya di Kepulauan Nusantara, melainkan juga hampir di seluruh Asia Tenggara.

Apa nama lain negara Indonesia yang terkenal?

Indonesiabaik.id – Selain menyebut negeri kita dengan nama ”asli”-nya, yaitu Indonesia. Kita juga kadang menyebutnya dengan Nusantara. Sebelum nama ”Indonesia” dan ”Nusantara” populer, ternyata sejarah mencatat ada beberapa nama atau sebutan lain yang pernah disematkan kepada tanah Indonesia.

Siapakah pendiri kantor berita Indonesia yg bernama Indonesisch Pers Bureau di Belanda itu?

Kemudian, pada 1913, Tiga Serangkai diasingkan ke Belanda karena tulisannya yang dianggap menghina pemerintah. Melalui Ki Hajar Dewantara, kata “Indonesia” dipakai di kancah internasional untuk pertama kalinya saat ia mendirikan kantor berita dengan nama Indonesische Persbureau di Den Haag.

Siapakah orang yang menggunakan nama Indonesia ketika ia mendirikan kantor berita di Belanda Indonesisch Pers Bureau di tahun 1913 *?

Indonesische Persbureau (disingkat IP, atau Kantor Berita Indonesia) merupakan kantor berita pertama yang didirikan seorang bumiputra, yaitu RM Soewardi Soerjaningrat, yang kemudian dikenal dengan nama Ki Hadjar Dewantara.

Sejak Kapan Indonesia disebut Hindia Belanda?

Nama ‘Hindia Belanda’ tercatat dalam dokumen Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) pada awal tahun 1620-an. Para sejarawan yang menulis dalam bahasa Inggris menggunakan istilah Indië, Hindia, Hindia Timur Belanda, Hindia Belanda, dan kolonial Indonesia secara bergantian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *