Kapan Kita Memperingati Hari Sumpah Pemuda?

Setiap tanggal 28 Oktober bangsa kita senantiasa memperingati hari Sumpah Pemuda. Sumpah pemuda terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928, yang merupakan puncak awal perjuangan para pemuda Indonesia bersatu dalam memperjuangkan harkat, derajat, dan martabat bangsa Indonesia. Memperjuangan kemerdekaan sebagai bangsa yang mandiri dan tidak terjajah.
Kongres tersebut digelar setelah sebelumnya dilaksanakan Kongres Pemuda I mulai tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926 di Batavia (Jakarta). Namun, Kongres Pemuda I diakhiri tanpa hasil yang memuaskan. Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

Mengapa kita harus memperingati Hari Sumpah Pemuda?

Untuk selalu mengingat perjuangan pemuda pemudi Indonesia jaman dahulu yang berjuang untuk mencapai kemerdekaan Indonesia, maka kita sebagai warga negara Indonesia harus turut serta memperingati Hari Sumpah Pemuda. Berikut artikel lengkapnya. Sumpah Pemuda Jatuh Pada Tanggal Berapa?

Kapan Hari Sumpah Pemuda?

Berikut ini penjelasannya. Tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda. Sebab, perlu kalian ketahui peristiwa Sumpah Pemuda terjadi pada tanggal 27 – 28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta).

You might be interested:  Mengapa Manusia Tidak Bisa Hidup Sendiri?

Kapan Sumpah Pemuda ditetapkan sebagai Hari Sumpah?

Kapan Sumpah Pemuda Tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda. Sebab, perlu kalian ketahui peristiwa Sumpah Pemuda terjadi pada tanggal 27 – 28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta).

Bagaimana cara memaknai hari Sumpah Pemuda?

Memaknai hari Sumpah Pemuda dapat juga dilakukan dengan cara lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Di antaranya adalah melakukan gotong royong dengan masyarakat sekitar, musyawarah untuk mufakat, dan menjaga kerukunan antarmanusia. 5.

Kapan kita memperingati Sumpah Pemuda?

Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA Rektor Universitas Riau (UNRI), Rabu (27/10/2021) kepada redaksi, menyebutkan peringatan Sumpah Pemuda Ke-93 yang diperingati pada tanggal 28 Oktober 2021 ini, akan kita laksanakan dalam bentuk kegiatan Upacara bendera yang dihadiri oleh seluruh jajaran Pimpinan, serta jajaran pimpinan

28 Oktober 2021 memperingati hari apa?

Selamat Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93 (28 Oktober 2021)

Kapan Sumpah Pemuda 2021?

Tanggal 28 Oktober 2021 bertempat di KJRI Cape Town telah diselenggarakan upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93.

Setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai hari apa?

Pentingnya Belajar Sejarah dalam Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-93. Oktober 28, 2021, oleh: Tepat 93 tahun yang lalu, 28 Oktober 1928, para pejuang muda Indonesia membuat Kongres Pemuda Indonesia Kedua yang menghasilkan Sumpah Pemuda, sebagai deklarasi perjuangan.

1 Oktober 2021 memperingati hari apa?

Hari kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober dan jatuh pada hari ini (Jumat, 1 Oktober 2021). Peringatan hari kesaktian Pancasila tidak lepas dari G30S yang terjadi pada tanggal 30 September 1965.

10 Oktober memperingati hari apa?

Hari Kesehatan Mental Sedunia diperingati setiap tanggal 10 Oktober.

You might be interested:  Alasan Mengapa Sel Mengalami Pembelahan?

28 Oktober 2021 Apakah tanggal merah?

Kini apakah tanggal 28 oktober 2021 libur sudah terjawab, yakni tidak. Lalu apa saja yang masuk dalam daftar hari libur nasional 2021 menurut pemerintah, berikut ulasannya: Jumat, 1 Januari: Tahun Baru 2021 Masehi. Jumat, 12 Februari: Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili.

Tanggal 28 Feb libur apa?

Daftar lengkap hari libur dan tanggal merah 2022

28 Februari : Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW. 3 Maret : Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944. 15 April : Wafat Isa Almasih. 1 Mei : Hari Buruh Internasional.

Apa saja ikrar dari Sumpah Pemuda itu?

Isi Ikrar Sumpah Pemuda

(Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah yang Satu, Tanah Indonesia).” “Kedoea: Kami Poetra dan Poetri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia. (Kami Putran dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa yang Satu, Bangsa Indonesia).”

Apa Pengaruh Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 bagi perjuangan bangsa Indonesia?

Pembahasan. Pengaruh sumpah pemuda terhadap perjuangan mewujudkan indonesia merdeka adalah Sumpah pemuda dapat menyatukan tekad dan semangat para pemuda untuk membangkitkan adanya kesadaran nasional.

29 Oktober diperingati hari apa?

Hari Stroke Sedunia atau World Stroke Day setiap tahunnya diperingati pada 29 Oktober. Peringatan tahunan ini dimulai pada 2006 lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *