Kapan Konsepsi Wawasan Nusantara?

Menurut Lembaga Ketahanan Nasional Tahun 1999, Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Apa arti wawasan nusantara?

Wawasan nusantara memiliki dasar hukum yang diterima sebagai konsepsi politik kewarganegaraan yang tercantum dalam: Tap MPR. No. IV/MPR/1973 pada tanggal 22 maret 1973 Tap MPR. No IV/1978/22/Maret/1978/ tentang GBHN Untuk lebih memahami apa arti wawasan nusantara, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli.

Apa saja cakupan wawasan nusantara sebagai wawasan pembangunan?

Wawasan nusantara sebagai wawasan pembangunan mempunyai cakupan kesatuan politik, kesatuan ekonomi, kesatuan sosial dan ekonomi, kesatuan sosial dan politik, dan kesatuan pertahanan dan keamanan.

Mengapa pengembangan dalam wawasan nusantara?

Pengembangan dalam wawasan nusantara ini dilakukan agar bangsa Indonesia dapat selalu berpikir positif terhadap negaranya. Karena itu semua untuk membangkitkan serta mewujudkan wawasan nusantara yang dapat diaplikasikan kedalam kehidupan sehari-hari.

You might be interested:  Mengapa Keberagaman Dalam Masyarakat Dapat Menjadi Tantangan?

Kapan konsep wawasan nusantara muncul?

Deklarasi Juanda tanggal 13 Desember 1957 melahirkan konsepsi wawasan nusantara dimana laut tidak lagi sebagai pemisah tetapi sebagai penghubung. Wawasan Nusantara dibangun dari konsepsi kewilayahan.

Mengapa ada konsepsi wawasan nusantara?

Wawasan nusantara berfungsi sebagai pedoman, motivasi, dorongan, serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan, keputusan, tindakan, dan perbuatan bagi penyelenggara negara di tingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Apa itu konsepsi wawasan nusantara?

‘Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.’

Apa yang terjadi seandainya tidak ada konsepsi wawasan nusantara?

Jika para generasi bangsa tak berwawasan nusantara maka Negara ini dapat dijajah lagi oleh bangsa lain. Bahkan dapat menjadi Negara yang hancur. Hal tersebut disebabkan karena tidak adanya lagi rasa persatuan dan kesatuan diantara para warga Negara dan tidak adanya rasa untuk melindungi bangsa secara utuh.

Apakah yang dimaksud wawasan nusantara Berdasarkan TAP MPR Tahun 1993 dan 1998 tentang GBHN?

Mengenai definisi Wawasan Nusantara, berdasarkan Ketetapan MPR Tahun 1993 dan 1998 tentang GBHN, Wawasan Nusantara yang merupakan wawasan nasional yang bersumber pada Pancasila dan berdasarkan UUD 1945 adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan

Mengapa dalam konsep wawasan nusantara membangun persatuan itu penting?

Melalui wawasan nusantara, Bangsa Indonesia ditempatkan dalam kerangka satu kesatuan politik, sosial, budaya, serta pertahanan keamanan. Dengan begitu, Bangsa Indonesia akan merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa, dan setanah air, serta memiliki satu tekad dalam mencapai cita-cita pembangunan nasional.

You might be interested:  Mengapa Banyak Daerah Kekurangan Air Bersih?

Mengapa wawasan nusantara sangat dibutuhkan bahkan hingga kini?

Wawasan nusantara sangat penting bagi indonesia karena memiliki peranan penting untuk mewujudkan persepsi yang sama bagi seluruh warga negara Indonesia. Wawasan Nusantara yaitu penjabaran falsafah Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Apa manfaat yang diperoleh seseorang dari wawasan nusantara?

Penerapan Wawasan Nusantara dapat menghasilkan cara pandang tentang keutuhan wilayah nusantara yang perlu dipertahankan oleh bangsa Indonesia. Hal ini berguna untuk menjaga keutuhan NKRI. Sarana integrasi NasionalSiapa yang tidak mengenal dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Apa yang dimaksud dengan konsep wawasan nusantara brainly?

Konsep Wawasan Nusantara adalah merupakan konsep berupa cara pandang juga sikap dari bangsa Indonesia mengenai dirinya juga bentuk geografisnya dengan berdasarkan pada dasar negara yakni Pancasila juga UUD 1945.

Apa yang terjadi bila masyarakat tidak peduli dengan wawasan nusantara?

Jawaban: jika kita kurang memiliki wawasan nusantara membuat kita jadi pribadi yg berfikiran sempit dan kurang percaya diri, menganggap peradaban negeri sendiri kurang baik dan peradaban negara lain lebih baik. selain itu bisa mengakibatkan sikap chauvinisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *