Kapan Sidang Bpupki Kedua Dan Membahas Apa?

Hasil sidang BPUPKI kedua tanggal 10-17 juli 1945 adalah disetujuinya Undang-Undang Dasar (UUD) Negara pada 16 Juli 1945. Isi rancangan UUD adalah sebagai berikut. Dengan tersusunnya rancangan UUD, maka tugas BPUPKI dianggap sudah selesai.

Kapan Sidang Kedua BPUPKI digelar?

Sidang kedua BPUPKI digelar pada tanggal 10-17 Juli 1945 di tempat yang sebelumnya digunakan untuk menghelat sidang pertama, yakni di Gedung Chuo Sangi In (sekarang Gedung Pancasila), Jakarta Pusat. Menjelang akhir Perang Dunia II, Jepang mulai mengalami kekalahan di berbagai pertempuran Asia Pasifik.

Apa yang dimaksud dengan sidang BPUPKI kedua?

Hasil sidang BPUPKI kedua adalah pembahasan mengenai rancangan undang-undang dasar (UUD), bentuk negara, pernyataan merdeka, wilayah negara dan kewarganegaraan Indonesia. Dalam rapat ini dibentuk panitia perancang undang-undang dasar (UUD) dengan 19 anggota yang diketuai oleh Ir. Soekarno.

Kapan Sidang Kedua BPUPKI dilaksanakan?

Pendidengajaran Itulah beberapa poin penting yang dibahas pada sidang kedua BPUPKI. Dengan demikian, Sidang kedua BPUPKI dilaksanakan pada tanggal 10 Juli hingga 17 Juli 1945. Lebih lama dibanding sidang pertama, rencananya sidang kedua membahas tentang rancangan Undang-Undang Dasar.

You might be interested:  Mengapa Para Rasul Memiliki Sifat Wajib Fatanah?

Kapan Sidang Kedua BPUPKI berlangsung?

Perlu Anda tahu, sidang kedua BPUPKI berlangsung dari tanggal 10 Juli sampai 14 Juli tahun 1945. Sama dengan sidang pertama, sidang kedua BPUPKI juga dilaksanakan di Jakarta tepatnya di sebuah gedung bernama Chuo Sangi In yang kini menjadi Gedung Pancasila. Pembahasan sidang kedua ini melanjutkan sidang pertama BPUPKI.

Kapan sidang BPUPKI pertama dan kedua diadakan dan membahas tentang apa?

BPUPKI mengadakan sidang sebanyak dua kali. Sidang pertama berlangsung antara 29 Mei – 1 Juni 1945 membahas rumusan dasar negara. Sidang kedua berlangsung tanggal 10 – 16 Juli 1945 membahas batang tubuh UUD negara Indonesia merdeka.

Kapan sidang BPUPKI kedua dan membahas apa brainly?

Jawaban. Jawaban: Agenda sidang BPUPKI kedua adalah pembahasan mengenai rancangan undang-undang dasar (UUD), bentuk negara, pernyataan merdeka, wilayah negara, dan kewarganegaraan Indonesia. Sidang kerja panitia perancang UUD dilaksanakan pada 13 Juli 1945.

Kapan sidang kedua BPUPKI sebutkan hasilnya?

Sidang BPUPKI kedua dilaksanakan 10-16 Juli 1945 untuk membahas bentuk negara hingga rancangan UUD, simak hasil sidang BPUPKI Ke-2 berikut ini.

Apa hasil sidang 1 dan 2 BPUPKI?

Simpulan: Sidang pertama BPUKI merumuskan rancangan UUD lewat bantuan panitia 9. Pada sidang kedua, BPUPKi merumuskan 3 bagian pokok yang akan dicantumkakn sebagai dasar negara, yakni pernyataan kemerdekaan Indonesia, pembukaan, dan batang tubuh undang-undang dasar.

Sidang pertama BPUPKI membahas tentang apa?

Sidang BPUPKI yang pertama berlangsung dari tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945. Dalam sidang pertama BPUPKI membahas tentang rumusan dasar negara, ada tiga tokoh nasionalis yang mengemukakan usulan-usulannya, yakni Moh Yamin, Mr Soepomo dan Ir Soekarno.

Apakah isi materi pembahasan sidang kedua?

Isi materi pembahasan sidang ke-2 BPUPKI sesuai dengan tanggal sidang (10 Juli – 16 Juli 1946) adalah: Tanggal 10 juli 1945, membahas teknis negara, bentuk negara, wilayah negara, bentuk pemerintahan, membuat rancangan UUD 1945, membentuk panitia perancangan UUD 1945, dan panitia pembelaan tanah air.

You might be interested:  Kapan Mpl Invitational 2021?

Apa pembahasan sidang tanggal 15 Juli 1945?

Sidang kedua BPUPKI dilanjutkan dengan rapat besar tanggal 15 dan 16 Juli 1945. Pada tanggal 15 Juli 1945 agenda sidang adalah pembahasan lanjutan rancangan undang-undang dasar negara. Ir. Soekarno menyampaikan penjelasan tentang naskah rancangan undang-undang dasar dan mendapat tanggapan dari Moh. Hatta.

Apa pembahasan sidang tanggal 13 Juli 1945?

Panitia kecil perancang undang-undang dasar, pada tanggal 13 Juli 1945 berhasil membahas beberapa hal dan menyepakati antara lain ketentuan tentang Lambang Negara, Negara Kesatuan, sebutan Majelis Permusyawaratan Rakyat, dan membentuk Panitia Penghalus Bahasa yang terdiri atas Djajadiningrat, Salim dan Soepomo.

Kapan sidang BPUPKI 1 dan 2 dilaksanakan?

Siang pertama dilaksanakan tanggal 29 Mei-1 Juni 1945, sedangkan sidang kedua dilaksanakan pada 10-16 Juli 1945. BPUPKI atau dalam bahasa Jepang disebut sebagai Dokuritsu Junbi Cosakai didirikan oleh Letnan Jenderal Kumakichi Harada pada 1 Maret 1945.

Apa hasil sidang PPKI yang pertama dan kedua?

Hasil sidang PPKI pertama 18 Agustus 1945 adalah disahkan Rancangan Pembukaan UU Dasar Negara Indonesia, susunan pemerintahan dan pengesahan Batang Tubuh UU Dasar. Hasil sidang PPKI kedua tanggal 19 Agustus 1945 adalah pembentukan dua belas departemen dan empat menteri negara.

Apa hasil sidang BPUPKI 1 brainly?

Sidang pertama BPUPKI dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 1945 sampai 1 Juni 1945 dan dihadiri anggota BPUPKI. Hasil sidang BPUPKI pertama adalah perumusan sebuah Dasar Negara Indonesia yaitu Pancasila.

Apa hasil dari sidang pertama PPKI?

Mengesahkan UUD 1945

Menurut Rosmawati dan Hasanal Mulkan dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan (2020), hasil sidang PPKI pertama adalah pengesahan UUD 1945. Dalam sidang tersebut, juga dilakukan revisi Piagam Jakarta, tepatnya pada kalimat ‘Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *