Kapan Spdp Paling Lambat Di Terima Oleh Penuntut Umum?

Intisari Jawaban. jangka waktu pengiriman SPDP ke kejaksaan yakni berdasarkan putusan MK Nomor 130/PUU-XII/2015 penyidik memberitahukan dan menyerahkan SPDP kepada penuntut umum, terlapor/tersangka dan pelapor/korban dalam waktu paling lama 7 (tujuh) hari setelah dikeluarkannya surat perintah penyidikan.

Kapan selambat lambatnya penyidik memberitahu dan atau menyampaikan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan SPDP kepada penuntut umum?

Berdasarkan putusan Majelis Hakim MK Nomor 130/PUU-XIII/2015, penyidik wajib memberitahukan dan menyerahkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) kepada penuntut umum, terlapor dan korban/pelapor dalam waktu paling lambat tujuh hari setelah dikeluarkannya Surat Perintah Penyidikan.

Apakah SPDP wajib diberikan kepada terlapor?

Berdasarkan Putusan Mahkamah Konstitusi a quo keharusan SPDP kepada Pelapor, Terlapor dan Penyidik membawa tugas baru bagi penyidik.

Apakah yang dimaksud dengan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan SPDP bagi penyidik?

SPDP merupakan tanda bahwa penyidik memulai penyidikan suatu perkara. Berdasarkan mekanisme yang diatur Pasal 109 UU No. 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana (KUHAP), penyidik wajib mengirimkan surat pemberitahuan kepada penuntut umum.

SPDP pasal berapa?

Penyidikan (SPDP)

You might be interested:  Mengapa Penyedia Jasa Pariwisata Termasuk Dalam Usaha Ekonomi?

Bahwa Pasal 109 ayat (1) UU Nomor 8 Tahun 1981 tentang KUHAP bertentangan dengan Pasal 1 ayat (3), Pasal 28D ayat (1), Pasal 28I ayat (2) UUD 1945 sepanjang tidak dimaknai penyidik wajib memberitahukan telah dimulainya penyidikan kepada penuntut umum.

Kapan SP2HP dibuat oleh penyidik?

SP2HP pertama kali diberikan adalah pada saat setelah mengeluarkan surat perintah penyidikan dalam waktu 3 (tiga) hari Laporan Polisi dibuat. SP2HP yang diberikan kepada pelapor berisi pernyataan bahwa laporan telah diterima, nama penyidik dan nomor telepon/HP.

Apakah yang menjadi sasaran penyelidikan?

sasaran penyelidikan adalah orang, benda atau barang, tempat, peristiwa/kejadian/ dan/atau kegiatan. Hasil penyelidikan yang telah dilaporkan oleh tim penyelidik, wajib dilaksanakan gelar perkara untuk menentukan peristiwa tersebut diduga tindak pidana atau bukan tindak pidana.

Apakah SPDP objek praperadilan?

“SPDP bukan merupakan salah satu objek praperadilan,” jawab Bidang Hukum Polda Kalteng, selaku Kuasa Termohon bagi Polres Palangka Raya dalam persidangan praperadilan di Pengadilan Negeri Palangka Raya, Selasa (28/1).

Kapan dimulainya penyelidikan dan kapan dimulainya penyidikan?

Penyelidikan merupakan tahap awal. Penyidikan dilakukan setelah penyelidikan atau sebagai tahap lanjutan. Penyelidikan bertujuan mencari tahu ada atau tidaknya unsur pidana dalam suatu peristiwa. Penyidikan hanya bisa dilakukan jika suatu peristiwa memuat unsur pidana.

Apa arti kepanjangan dari SPDP?

Keberadaan Putusan membawa problematika tersendiri dalam hukum acara pidana Indonesia yang berlaku selama ini sehingga kajian terhadap Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) penting dilakukan berdasarkan asas hukum acara pidana dan jaminan hak asasi manusia.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan penyelidikan?

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa penyidikan merupakan suatu proses atau langkah awal yang merupakan suatu proses penyelesaian suatu tindak pidana yang perlu diselidik dan diusut secara tuntas di dalam sistem peradilan pidana, dari pengertian tersebut, maka bagian-bagian dari hukum acara pidana yang

You might be interested:  Mengapa Air Merupakan Sumber Energi Yang Bersifat Kekal?

Apa itu surat perintah penyelidikan?

Sprindik merupakan salah satu aturan administratif dalam penyidikan di kepolisian untuk penatausahaan dan untuk segala kelengkapan yang disyaratkan undang-undang dalam proses penyidikan.

SPDP harus memuat apa saja?

SPDP yang dikirimkan kepada penuntut umum sekurang-kurangnya memuat:

  • dasar penyidikan berupa laporan polisi dan surat perintah penyidikan;
  • waktu dimulainya penyidikan;
  • jenis perkara, pasal yang dipersangkakan dan uraian singkat tindak pidana yang disidik;
  • Apakah kepanjangan SP3?

    TERBITNYA SP3 (SURAT PERINTAH PENGHENTIAN PENYIDIKAN) DAN PRAPERADILAN.

    Mengapa Kejaksaan disebut dengan dominus litis?

    Secara etimologi, asas tersebut berasal dari bahasa Latin, “dominus” yang berarti “pemilik” dan “litis” yang berarti “perkara”. Dengan demikian, dapat dipahami bahwa asas ‘dominus litis’ merupakan pemilik atau pengendali perkara.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *