Kapan Tahun Kedatangan Bangsa Spanyol Di Indonesia?

Pada tahun (1521-1529) sekitar 8 tahun Bangsa Eropa berada di Nusantara, Bangsa pelaut Spanyol berlabuh ke Tidore, kedatangan Pelaut spanyol di sambut baik oleh Kesultanan Tidore.

Kapan dan dimana bangsa Spanyol mendarat di Indonesia?

Jadi, dimana bangsa Barat pertama kali mendarat di Indonesia adalah di Malaka. Kemudian, bangsa Barat yang tiba di Indonesia selanjutnya adalah Spanyol tepatnya di Tidore, Maluku pada tahun 1521.

Kapan Spanyol datang ke Indonesia?

Tahun kedatangan: Bangsa Spanyol datang ke Indonesia pada tahun 1521. Tempat/Daerah: Bangsa Spanyol pertama mendarat di Indonesia di wilayah Tidore, Maluku. Tujuan: Bangsa Spanyol ingin memperoleh keuntungan dan kekayaan dari perdagangan rempah-rempah dari Indonesia.

Apa tujuan bangsa Spanyol di Indonesia?

Tujuan utama bangsa Spanyol datang ke Indonesia adalah untuk mencari sumber rempah-rempah, yang saat itu sangat berharga dan hanya ditemukan di kepulauan Maluku. Pembahasan: Sebagaimana negara Eropa lain, Spanyol tertarik mencari berlayar ke Kepulauan Maluku, untuk mencari rempah-rempah.

You might be interested:  Mengapa Bentuk Rumah Adat Di Indonesia Sangat Beragam?

Mengapa bangsa Portugis dan Spanyol berselisih?

1.penyebabnya yaitu orang spanyol senang berdagang di maluku sehingga jumlahnya semakin banyak.bagi portugis,kehadiran spanyol merupakan pelanggaran atas hak monopolinya. akibatnya,timbul persaingan antara portugis dan pedagang spanyol.

Dimanakah tempat kedatangan bangsa Spanyol di Indonesia?

Masyarakat menyambut baik akan kedatangan bangsa Spanyol terutama pada daerah Maluku, sebab saat itu masyarakat Maluku sedang melakukan perlawanan dengan Bangsa Portugis. 2. Tempat/Daerah : Banten, Minahasa, Maluku, Sumatra Barat, Bali, Banjar, Aceh, Batak.

Peristiwa apa yang terjadi saat bangsa Spanyol datang ke Indonesia?

Jawaban: Peristiwa-peristiwa penting ketika Spanyol datang ke Indonesia adalah : Tahun 1521 Spanyol berlabuh di Tidore, Maluku. Perjanjian Saragosa antara Portugis dengan Spanyol. Tahun 1529 Spanyol meninggalkan Maluku.

Siapa pemimpin Spanyol yang datang ke Indonesia?

Pada 1521, bangsa Spanyol yang dipimpin oleh Sebastian del Cano tiba di Kepulauan Maluku, dan disambut baik oleh pihak Kesultanan Tidore.

Mengapa Spanyol tidak bertahan lama di Nusantara?

Jawaban. Karena Spanyol hanya berhasil mempengaruhi Kerajaan Tidore saja. Itupun tidak lama, karena setelah masyarakat Ternate dan Tidore bersatu, Spanyol juga diusir dari Maluku.

Apakah Spanyol pernah menjajah Indonesia?

Spanyol (1521 – 1692)

Spanyol kerap berlayar ke wilayah Asia Tenggara untuk turut menguasai negara-negara penghasil rempah layaknya bangsa Eropa lain. Pilihannya jatuh ke tanah Nusantara. Spanyol datang ke wilayah Kerajaan Ternate, tepat di saat Portugis masih melancarkan aksi kolonialismenya.

Apa tujuan bangsa Portugis dan Spanyol di Indonesia?

tujuan datangnya Portugis dan Spanyol ke Indonesia adalah untuk memperoleh kekayaan, kejayaan, dan menyebarkan agama Kristen Katolik.

Apa tujuan bangsa Belanda di Indonesia?

Bangsa Belanda datang pertama kali dibawah pimpinan Cornelis De Houtman tahun 1596 mendarat yaitu di Pelabuhan Banten. Tujuan kedatangan Belanda ke nusantara adalah rempah – rempah yang membuat Belanda memperoleh keuntungan yang sangat besar, Belanda berusaha mengadakan monopoli perdagangan dan menjajah, sehingga

You might be interested:  Kapan Paula Melahirkan Anak Kedua?

Apa peristiwa peristiwa penting yang terjadi kedatangan bangsa Belanda di Indonesia?

peristiwa-peristiwa penting yang terjadi saat kedatangan bangsa Belanda di Indonesia? Terjadi pembentukan VOC dan Pemerintah Kolonial Belanda. Pembentukan pemerintahan kolonial Belanda. Sistem kerja paksa (rodi) yang diterapkan oleh Herman W. Daendels.

Mengapa terjadi konflik dan persaingan antara Portugis dan Spanyol di Maluku?

Jawaban. penyebabnya yaitu orang Spanyol senang berdagang di Maluku sehingga jumlahnya semakin banyak. Bagi Portugis, kehadiran Spanyol merupakan pelanggaran atas hal monopolinya. Akibatnya, timbul persaingan antara Portugis dan pedagang Spanyol.

Konflik apa yang terjadi antara Spanyol dan Portugis di Nusantara?

Perjanjian Saragosa terjadi karena adanya pertikaian antara Spanyol dan Portugis di Maluku, di mana masing-masing pihak ingin memonopoli hasil bumi dari tanah Maluku, khususnya rempah-rempah.

Mengapa rakyat Indonesia menyambut baik kedatangan Spanyol?

Jawaban:rakyat Indonesia menyambut baik kedatangan Spanyol karena pertama tujuan bangsa Spanyol hanya untuk membeli rempah-rempah. Setelah lama kemudian bangsa Spanyol iri dengan kekayaan alam Indonesia. setelah merendam rasa iri yg begitu lama maka takluk lah bangsa Spanyol untuk menjajah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *