Kapan Teks Naskah Proklamasi Tersebut Akan Dibacakan?

Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Ir. Soekarno, pada 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB, di Jalan Pegangsaan Timur No. 56. Berikut isi teks proklamasi dan sejarah menarik di baliknya.

Tempat dimana teks proklamasi dibacakan?

KOMPAS.com – Proklamasi kemerdekaan Indonesia dikumandangkan oleh Soekarno pada 17 Agustus 1945. Pelaksanaan proklamasi kemerdekaan RI dilakukan di kediaman Soekarno, di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta Pusat.

Siapa sajakah tokoh yang hadir pada pembacaan teks proklamasi?

Selain Ir. Soekarno yang membacakan teks proklamasi, tokoh yang hadir pada acara pembacaan teks proklamasi adalah Drs. Moh. Hatta, Wali kota Suwiryo, dr. Muwardi, Latief Hendraningrat, dan Suhud. Namun, sebelum dilakukan pembacaan teks proklamasi dimulai, berbagai kegiatan persiapan pun dilakukan.

Pada hari apa pembacaan teks proklamasi?

Tanggal 17 Agustus merupakan hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Brainies pasti tahu dong alasannya apa? Yup, ini merupakan hari kemerdekaan Indonesia, yang ditandai oleh pembacaan teks proklamasi oleh Ir. Soekarno.

Kapan teks proklamasi Indonesia disusun?

Keesokan harinya pada 17 Agustus 1945 pukul 03.00 WIB, naskah proklamasi disusun oleh Soekarno, Hatta dan Soebardjo. Naskah teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia disusun sebanyak dua alinea selesai dibuat dalam waktu 2 jam.

You might be interested:  Mengapa Rokok Dapat Berdampak Negatif Terhadap Sistem Reproduksi?

Pegangsaan Timur No 56 rumah siapa?

Rumah tersebut merupakan milik Faradj bin Said bin Awadh Martak, seorang saudagar kaya kelahiran Hadramaut, Yaman yang memiliki jiwa nasionalisme untuk Bangsa Indonesia yang tinggi.

Di rumah siapakah teks proklamasi dibacakan?

Kendati disusun dan dirumuskan di rumah Laksamana Maeda, pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia kemudian dibacakan di depan teras rumah Soekarno pada pukul 10.00, tanggal 17 Agustus 1945.

Siapa sajakah tokoh yang hadir pada acara pembacaan teks proklamasi Branly?

Pembacaan teks proklamasi digelar di halaman rumah Soekarno, di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56. Setidaknya ada tujuh tokoh yang hadir saat pembacaan proklamasi, yaitu Soekarno, Mohammad Hatta, Suwiryo, Muwardi, Latief Hendraningrat, Suhud, dan SK Trimurti.

Siapa saja Pengibar Bendera Merah Putih pada tanggal 17 Agustus 1945?

Latief Hendraningrat merupakan seorang pengibar bendera Merah Putih saat Kemerdekaan Indonesia.

Kapan teks Proklamasi kemerdekaan dibacakan brainly?

Jawaban. Jawaban: Teks naskah Proklamasi dibacakan oleh Ir. Soekarno untuk pertama kali adalah di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 – Jakarta Pusat, tepat pada tanggal 17 Agustus 1945 (hari di mana diperingati sebagai ‘Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia’), pukul 11.30 waktu Nippon (sebutan untuk negara Jepang pada saat itu)

Naskah Proklamasi yang baru?

‘Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *