Mengapa Air Bumi Tidak Pernah Habis Walaupun Digunakan Secara Terus-Menerus?

Atau penjelasanya sederhananya mengapa di bumi tidak pernah habis walau digunakan terus menerus karena: Air hujan yang jatuh ke bumi diserap oleh tanah menjadi air tanah. Mata air di gunung sebagai sumber aliran air sungai. Semua sungai mengalirkan airnya ke laut.
Pada dasarnya, salah satu hal yang menyebabkan air di Bumi tidak bisa habis adalah adanya siklus air. Terjadi proses di mana turunnya air (H20) yang terjadi di atmosfer ke Bumi, lalu air tersebut kembali lagi ke atmosfer. Peristiwa inilah yang disebut dengan siklus air (water cycle).
Ada beberapa alasan yang perlu kamu ketahui terkait mengapa air yang ada di bumi tidak pernah mengalami kehabisan walaupun digunakan secara terus-menerus. Yuk, simak ulasan berikut ini dengan jelas dan lengkap terkait cara dalam daur dan proses adanya air di bumi. 1. Proses Evaporasi (Penguapan)

Mengapa tidak habis-habisnya air di bumi?

Beberapa mineral yang masih tersimpan jauh di bawah tanah, dapat melepaskan molekul H2O. dan stabilitas air dapat terjaga melalui proses kompensasi. Pada dasarnya tidak habis-habisnya air di bumi disebabkan karena adanya siklus air, sehingga volume air bumi tetap. Justru perubahan air bukan pada kuantitasnya, melainkan kualitas air.

Apakah Bumi efisien dalam menyimpan air?

Menurut seorang volcanologist, yang bernama Jim Webster, bumi sangatlah efisien dalam hal menyimpan air dalam jumlah yang besar. Air, mengalami penguapan ke udara melalui atmosfer tapi kecil kemungkinannya untuk bisa menuju ke luar atmosfer.

You might be interested:  Surah Al Waqiah Sebaiknya Dibaca Kapan?

Apakah air di bumi bisa terjangkau?

Jadi walaupun air di bumi ini hampir sama jumlahnya dari tahun ke tahun tapi di beberapa tempat jarang bisa terjangkau air, terutama air bersih. Lebih dari satu juta penduduk di dunia hidup tanpa supply air bersih yang cukup, mereka kekurangan pasokan air bersih.

Mengapa air sangat penting bagi kehidupan manusia?

Air adalah sebuah sumber kehidupan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, dan juga mahkluk hidup baik tumbuhan dan hewan. Kita lihat saja pagi ini mungkin anda setelah bangun mengambil air untuk diminum, atau sebelum berangkat kerja anda juga membuat secangkir kopi dengan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *