Mengapa Keadaan Emosi Masa Remaja Masih Labil?

Keadaan lingkungan sekitar, keluarga, dan pergaulan dapat memengaruhi emosi remaja. Emosi yang masih labil dan sering kali dipengaruhi mood, dapat menjadi penyebab timbulnya depresi pada remaja. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan, seperti berbagai gangguan kesehatan hingga munculnya rasa ingin bunuh diri.
Remaja akan mengalami perubahan hormon dan perkembangan fisik yang dapat membuatnya menjadi labil secara emosi. Hal ini bisa menjadi metamorfosis fisik dan fisiologis yang lengkap. Dirinya tidak mengerti semua yang dirasakannya dan tidak nyaman dengan apa yang terjadi.

Mengapa keadaan emosi masa remaja masih labil brainly?

Pembahasan. Penyebab keadaan emosi pada masa remaja masih yang labil adalah remaja yang memasuki masa pubertas dan mengalami perubahan hormonal. Dampak dari perubahan hormonal terhadap perubahan emosi dalah kondisi emosi yang labil.

You might be interested:  Mengapa Pemanasan Global Menyebabkan Perubahan Iklim Global?

Mengapa pada masa puber ini akan terjadi ketidakstabilan emosi?

Perubahan suasana hati biasa terjadi di kalangan remaja. Perubahan ini disebabkan oleh perubahan hormonal dalam tubuh mereka. Remaja yang mengalami pubertas lebih mudah tersinggung, bersemangat dan terlalu emosional. Kemarahan adalah salah satu emosi yang remaja rasakan dengan kuat.

Mengapa remaja mengalami perubahan fisik dan emosi pada saat memasuki masa puber?

Datangnya masa puber biasanya ditandai dengan perubahan yang terjadi pada tubuh, organ vital serta emosi anak. Perubahan tersebut dipicu oleh kerja hormon pelepas gonadotropin (GnRH) dari hipotalamus pada kelenjar hipofisis anterior.

Bagaimana perubahan emosi pada masa remaja?

Karakteristik perkembangan emosi pada remaja

Berikut berbagai bentuk emosi yang biasa terjadi pada masa remaja awal: Amarah, meliputi brutal, ngamuk, marah, jengkel, kesal hati, tersinggung, bermusuhan, kekerasan, hina, jijik, muak, mual. Malu, meliputi rasa bersalah, kesal, menyesal, hina, aib, dan hancur lebur.

Mengapa masa remaja disebut masa yang labil?

Masa remaja dianggap sebagai masa labil yaitu di mana individu berusaha mencari jati dirinya dan mudah sekali menerima informasi dari luar dirinya tanpa ada pemikiran lebih lanjut (Hurlock, 1980). Remaja berasal dari kata latin adolensence yang berarti tumbuh menjadi dewasa.

Kenapa emosi saya tidak stabil?

Tidak dapat dimungkiri jika stres adalah penyebab utama seseorang memiliki emosi yang tidak stabil dan cenderung berlebihan. Ada banyak hal yang memicu terjadinya stres, mulai dari masalah pribadi, pekerjaan, finansial, dan masih banyak lagi. Sebelum menjadi lebih parah, stres tentu perlu ditangani.

Mengapa remaja cenderung tidak dapat mengontrol emosinya?

Pubertas menjadi penyebab umum mengapa anak remaja cenderung mudah marah. Hal ini karena perubahan hormon dan perkembangan fisik yang dapat membuatnya labil secara emosi. Perubahan ini sering kali tidak dimengerti anak dan membuatnya tidak nyaman dengan apa yang terjadi.

You might be interested:  Kapan Indonesia Diakui Kemerdekaan Secara De Jure?

Bagaimana cara menghadapi masa pubertas yang menyebabkan perubahan emosi?

Hal yang harus dilakukan pada masa pubertas

  1. Menjaga serta mengontrol perasaan. Pada saat masa pubertas, orang cenderung kaget dengan adanya perubahan.
  2. Bertanya kepada orang tua. Tanyakan ke orang tua tentang masa pubertas.
  3. Mengonsumsi makanan sehat.
  4. Menjaga kebersihan alat kelamin.
  5. Memahami perubahan fisik.

Pada masa pubertas akan terjadi ketidakstabilan emosi hal apa saja yang perlu dilakukan untuk menghadapi masa pubertas?

Jawaban terverifikasi ahli. Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menghadapi masa pubertas yaitu bersikap tenang dan percaya diri karena perubahan yang terjadi. Berperilaku jujur, terbuka, dan berkomuikasi intens dengan orang tua untuk hal-hal yang perlu dilakukan. Menjaga kebersihan tubuh khusunya organ reproduksi.

Apa yang menyebabkan perubahan pada masa pubertas?

Perkembangan fisik masa pubertas. Faktor penyebab perubahan pada masa pubertas adalah kelenjar endokrin. Kelenjar ini yang langsung berkaitan dengan pertumbuhan dan kematangan. Semua perubahan bersumber dari kelenjar pituitari yang berada pada dasar otak dan terbentuk secara bersamaan dengan gonad dan kelenjar seks.

Mengapa perubahan fisik saat masa pubertas pada remaja laki-laki dan perempuan berbeda?

Ada perbedaan perubahan fisik yang terjadi pada anak laki-laki dan anak perempuan. Hal ini disebabkan oleh perbedaan hormon yang ada di dalam tubuh. Cepat atau lambatnya perubahan fisik pada masa pubertas juga ditentukan oleh kinerja hormon di dalam tubuh masing-masing anak.

Mengapa remaja yang telah mengalami pubertas memerlukan energi yang lebih besar?

Ini karena saat memasuki masa pubertas, mereka memerlukan lebih banyak kalori untuk penambahan tinggi badan dan otot.

Apa itu perubahan emosional?

Mood swing adalah perubahan mood (suasana hati) yang jelas terasa atau terlihat. Pada dasarnya, perubahan mood dan emosi ini bisa saja terjadi sesekali dan hal ini tidak disebabkan oleh kelainan tertentu.

You might be interested:  Kapan Tanggal 9 Muharram 2021?

Perubahan psikologis apa yang terjadi pada masa remaja?

Ketika memasuki masa remaja, seorang anak telah mengalami masa pubertas sehingga dapat memengaruhi fisik dan psikologisnya. Contoh perubahan psikologis anak yang terjadi adalah tertarik pada lawan jenis, mudah emosi, mencari identitas diri, dan mampu mengungkapkan keinginannya sendiri.

Faktor apa saja yang mempengaruhi emosi?

Adapun beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kondisi emosi seseorang adalah sebagai berikut:

  • Jenis kelamin.
  • Perubahan fisik, misal pada saat masa pube.
  • Perubahan hubungan keluarga, terutama kedua orang tua.
  • Perubahan hubungan dengan teman.
  • Perubahan hubungan dengan lingkungan sekitar.
  • Perkembangan Usia.
  • Sifat tempramen.
  • Apa manfaat perkembangan emosi pada remaja?

    Sebab, perkembangan emosi yang optimal dapat membantu mereka memiliki tingkat kesadaran diri dan sosial yang tinggi. Selain itu, perkembangan emosi pada remaja yang berjalan dengan baik bisa membuat mereka belajar mengontrol perasaan dan mengasah kemampuan dalam mengambil keputusan.

    Apa itu masa remaja?

    Jakarta – Masa remaja adalah masa yang galau, labil ataupun alay. Ada begitu banyak istilah-istilah aneh yang disematkan untuk para remaja yang sedang dalam masa pencarian jati diri. Di dalam otak dan kepalanya, para remaja ini mengalami beberapa perubahan yang perlu diperhatikan.

    Bagaimana cara atasi emosi labil pada anak remaja?

    Merangkum laman Sahabat Keluarga Kemendikbud RI, berikut ini 8 cara atasi emosi labil pada anak remaja: Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. 1. Bentengi dengan agama Sebagai pondasi utama ialah pendidikan agama. Dengan agama mereka mempunyai arah dan tujuan untuk melangkah. Sehingga remaja tidak salah jalan dalam hidupnya. 2.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *