Mengapa Keutuhan Suatu Wilayah Negara Sangat Penting?

Mengingat wilayah Indonesia sangat luas dan hidup beraneka ragam suku bangsa, budaya, bahasa, dan agama, maka keutuhan NKRI sangat rawan terpecah. Oleh karena itu harus ada rasa saling menghargai dan menghormati. Negara yang tidak terpecah-belah akan mudah mencapai tujuan nasionalnya.
Keutuhan wilayah sebuah Negara sangat penting, karena keutuhan wilayah suatu Negara sangat menentukan berlangsung tidaknya pemerintahan suatu Negara. Maka, semua Negara berusaha untuk menjaga keutuhan wilayahnya.
Alasan utama lainnya mengapa persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi keutuhan sebuah negara adalah agar ketahanan nasional mempunyai pondasi yang kuat. Tentu kita masih ingat waktu nenek moyang kita dijajah oleh kaum kolonialis dan imperialis yang dimulai ketika era eksplorasi hingga era akhir perang dunia kedua.

Mengapa keutuhan wilayah sangat penting?

Keutuhan wilayah ini sangat penting karena mengingat kemajemukan bangsa Indonesia. Keutuhan wilayah sebuah negara sangat penting, karena keutuhan wilayah suatu negara sangat menentukan berlangsung tidaknya pemerintahan suatu negara. Oleh karena itu, semua negara di dunia berusaha untuk menjaga keutuhan wilayahnya.

Apa yang dimaksud dengan keutuhan Negara Indonesia?

Keutuhan NKRI, menentukan tercapainya tujuan negara Indonesia yang terdapat dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Keutuhan NKRI, menentukan tercapainya tujuan negara Indonesia yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945, yaitu:

Mengapa wilayah Negara Republik Indonesia harus dipertahankan?

Demi kelangsungan hidup bangsa Indonesia, maka wilayah negara Republik Indonesia harus dipertahankan. Semua Warga Negara Indonesia (WNI) berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara. Warga Negara Indonesia juga berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

You might be interested:  Kapan Rasulullah Dilahirkan?

Mengapa sistem pemerintahan dalam suatu negara sangat penting dalam kehidupan rakyatnya?

Keberadaan sistem pemerintahan dalam suatu Negara memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan rakyatnya, karena adanya pemerintah akan membuat masyarakat di wilayah tersebut memiliki tujuan yang akan membawa pada perdamaian dan kesejahteraan untuk rakyatnya. Oleh karena itu pemerintahan dalam suatu Negara sangat penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *