Mengapa Kita Harus Sopan Santun?

1.Pendahuluan. Menurut saya, sopan santun merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat, termasuk generasi mudanya. Hal tersebut dapat dikatakan pula bahwa sopan santun mendapat tempat yang utama dalam kehidupan bermasyarakat, tentunya bagi mereka yang mengutamakan kebaikan, kerukunan dan sejenisnya.
Sopan santun merupakan unsur penting dalam kehidupan bersosialisasi sehari – hari, karena dengan menunjukan sikap santunlah, seseorang dapat dihargai dan disenangi dengan keberadaanya sebagai makhluk sosial dimanapun tempat ia berada.

Mengapa kita harus berperilaku sopan dan santun?

Kepada adik dan orang yang lebih muda pun kita harus berperilaku sopan. Tidak sulit berperilaku baik dan hormat, cukup dengan tiga kata kunci, yaitu maaf, tolong, dan terima kasih. Dengan membiasakan diri berperilaku sopan dan santun, kehadiran kita akan diterima dan disukai semua orang.

You might be interested:  Mengapa Kita Sebaiknya Berwudhu Sebelum Membaca Alquran?

Mengapa kita harus bersikap santun?

Mengapa Kita Harus Bersikap Santun? KOMPAS.com – Minta izin dulu kepada Dita jika kamu ingin meminjam barang miliknya,” kata Bu Guru ketika melihat Tika memakai pensil teman sebangkunya, Dita. Meminta izin adalah bagian dari sikap santun. Masih banyak sopan santun yang sebaiknya kita ketahui jika ingin disenangi teman dan orangtua.

Mengapa kita harus bersikap santun dan menghargai orang lain?

Alasan kita harus bersikap santun dan menghargai teman adalah agar hubungan pertemanan kita dengan teman tersebut menjadi lebih baik dan mencegah terjadinya permusuhan. Hal ini karena sikap santun dan juga menghargai akan membuat orang lain lebih merasa dihormati dan merasa nyaman berteman dengan kita.

Mengapa umat Islam harus bersikap sopan dan santun?

Jawaban: agar tidak menjelekkan nama agama atau nama kita, berbuat sopan juga bagus tidak mendapat dosa. kita jg harus santun kpd guru atau orang tua. dengan menghormati dan mendengarkan nasihat mereka.

Mengapa kita harus sopan dan santun kepada orang tua dan guru?

Mengapa kita harus berbakti kepada kedua orang tua? Berbakti kepada kedua orang tua dapat menjadikan kita dimasukkan ke jannah (surga) oleh Allah Swt. Guru adalah orang yang mengajarkan kita berbagai ilmu pengetahuan dan mendidik kita sehingga menjadi orang yang mengerti dan dewasa.

Apa tujuan manusia bersikap sopan dan santun terhadap orang lain Coba sebutkan?

Banyak sekali manfaat yang kita maupun orang lain rasakan ketika menerapkan sikap sopan santun ini seperti berikut : Dapat dihargai dihormati dan disenangi banyak orang. Memupuk rasa persaudaraan,antar teman. Dapat membina dan tetap menajaga hubungan baik oleh orang lain.

You might be interested:  Kapan Ibu Hamil Minum Susu Kehamilan?

Mengapa kita harus berkata baik kepada orang lain?

Dengan kita berbicara sopan, kalimat atau kata – kata yang kita ucapkan akan lebih enak didengar, mudah dimengerti, mudah difahami, dan tidak menyakiti hati orang lain. Karena dengan kita berkata sopan artinya kita juga menghormati dan menghargai orang yang kita ajak bicara.

Bagaimana cara kita santun dan menghargai teman?

Jawaban:

  1. menghargai teman yang sedang berbicara.
  2. menghargai pendapat teman.
  3. tidak berkata kata kasar kepada teman.
  4. tidak membedakan teman.
  5. menerima kritikan dari teman.

Mengapa dalam bertutur kata kita harus menggunakan bahasa yang sopan dan santun?

1. karena dapat menciptakan perdamaian dan komunikasi yang baik. 2. jika tidak sesuai dengan norma yang berlaku, masyarakat yang berada disitu akan merasa aneh terhadap anda karena anda bertutur kata yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku.

Apakah yang dimaksud sikap sopan dan santun?

Sopan santun adalah sikap ramah yang diperlihatkan pada beberapa orang di hadapannya dengan maksud untuk menghormati serta menghormati orang itu, hingga membuat kondisi yang nyaman serta penuh keharmionisan.

Mengapa kita harus berbuat sopan dan santun terutama terhadap kedua orangtua?

Jawaban: karena mereka yang paling berjasa dalam kehidupan kita. walalupun mereka berbuat kesalahan kita harus sopan dan tetap hormat pada mereka. bayangkan ibu yang melahirkan kita, rasa sakit itu melebihi batas rasa sakit yang bisa ditahan manusia, sedangkan ayah berkeringat, susah payah mencari nafkah untuk kita.

Mengapa kita harus hormat dan patuh pada guru?

Kita sebagai siswa harus selalu hormat dan patuh kepada guru kita karena guru merupakan orang yang sangat berjasa dalam hidup kita. Guru merupakan orang yang telah mengajarkan dan memberikan berbagai macam ilmu bagi kita.

You might be interested:  Mengapa Perusahaan Harus Mengelola Kas?

Kenapa kita harus bersikap santun kepada kedua orang tua *?

Alasan mengapa kita harus berbakti kepada orang tua selanjutnya yaitu karena mereka sudah membesarkan dan mendidik kita dari kecil hingga dewasa. Ibu mengandung, merawat, dan mendidik buah hatinya dengan penuh kesabaran.

Apa manfaat sikap santun dalam kehidupan sehari hari sebutkan 3 saja?

Jawaban

  • Akan merasa dihargai dan dihormati oleh orang lain.
  • Dapat membina dan menjaga hubungan baik.
  • Memupuk rasa persaudaraan dan persahabatan.
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *