Mengapa Pada Waktu Dihitung Amal Manusia Tidak Ada Seorangpun Yang Dapat Menipu?

Pada hari kiamat tidak ada seorangpun yang dapat menipu ketika perhitungan amal karena Allah maha mengathui apa yang manusia lakukan. Sehingga tidak ada orang yang dapat menipu menyembunyikan kesalahan didepan Allah.
Mengapa pada waktu dihitung amal manusia, tidak ada seorang pun yang dapat menipu? karena yang dapat menipu adalah mulut kita, sementara pada waktu perhitungan amal yang berbicara bukan mulut kita akan tetapi anggota tubuh kita, sebagaimana firman Allah dalam surat yasiin ayat 65

Bagaimana timbangan amal manusia di akhirat?

Sebagaimana diketahui bahwa seluruh amal manusia di akhirat akan ditimbang dalam timbangan amal (mizan). Jika timbangan amal baiknya lebih berat, maka pertanda ia akan selamat. Sebaliknya, jika timbangan amal buruknya yang lebih berat, maka pertana ia akan celaka. Itu pula yang digambarkan dalam hadits riwayat Ibnu Mas‘ud.

Apa saja amalan yang paling berat dalam timbangan amal pada hari kiamat?

Amalan-amalan tersebut antara lain adalah berakhlak mulia, sebagaimana sabda-Nya, “Sesungguhnya di antara amalan yang paling berat dalam timbangan amal pada hari Kiamat adalah berakhlak bagus,” (HR Ath-Thabrani). Amalan berikutnya adalah mengucap akalimat thayyibah.

Mengapa akhirat menjadi pengadilan bagi segenap perilaku manusia selama di dunia?

Akhirat sebagai fase kehidupan hakiki menjadi pengadilan bagi segenap perilaku manusia selama di dunia. Sebagaimana diketahui bahwa seluruh amal manusia di akhirat akan ditimbang dalam timbangan amal (mizan). Jika timbangan amal baiknya lebih berat, maka pertanda ia akan selamat.

You might be interested:  Mengapa Keterampilan Lokomotor Sangat Penting?

Apakah orang yang amal baiknya lebih banyak dari amal buruknya?

Siapa saja yang amal baiknya lebih banyak dari amal buruknya, walau hanya selisih satu amal, maka ia akan masuk surga. Sementara orang yang amal buruknya lebih banyak dari amal baiknya, walau hanya selisih satu amal, maka ia akan masuk neraka.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *