Mengapa Sampah Menjadi Masalah Penyebab Utama Banjir?

Salah satu penyebab banjir bandang yang paling utama adalah membuang sampah sembarangan. Kebiasaan membuang sampah yang tidak pada tempatnya pasti akan memberi dampak buruk bagi lingkungan. Tak hanya menyebabkan lingkungan menjadi kotor, membuang sampah sembarangan juga bisa menghambat aliran sungai, yang akhirnya memicu banjir bandang.
Jawaban: Tumpukan sampah di sungai ini akan mengakibatkan permukaan air sungai menjadi lebih tinggi sejalan dengan jumlah sampah yang jatuh ke dasar sungai. Ketika permukaan perairan lebih tinggi dibandingkan permukaan tanah, maka luapan tersebut akan memasuki permukiman penduduk sehingga menyebabkan banjir.

Mengapa sampah di sekolah dapat menyebabkan banjir?

Karena sampah yg kita buang ke selokan dapat menghambat aliran air,dan ketika terjadi hujan maka air tidak bisa mengalir sehingga meluap dan menyebabkan banjir.

Apakah banjir disebabkan oleh sampah?

Bencana banjir dapat dikatakan sebagai bencana non alam disebabkan oleh karena perilaku manusia di antaranya membuang sampah tidak pada tempatnya/ke tepi sungai dan ketepi sungai. Sampah yang dibuang ketepi sungai hanyut terbawa oleh air pada saat hujan dan juga diterbangkan oleh angin.

Apa yang terjadi apabila di sungai terjadi penumpukan sampah?

Terjadinya banjir akibat penumpukan sampah di dasar sungai. Timbulnya berbagai penyakit dari mikroba pathogen yang berkembang di air sungai tercemar. Berkurangnya ketersediaan air bersih. Air sungai kekurangan oksigen dan membahayakan kehidupan ikan-ikan di dalamnya.

You might be interested:  Kapan Waktu Syuruq?

Mengapa sampah dapat menimbulkan pencemaran lingkungan?

Pembuangan sampah yang dilakukan menyebabkan pencemaran terhadap air, karena pembuangan sampah akan mengakibatkan terhambatnya proses air tanah. Apalagi jika ada sampah -sampah plastik yang tidak bisa diuraikan oleh tanah, akan mengakibatkan menumpuknya sampah dan limbah.

Mengapa sampah dapat menjadi sumber penyakit?

Sampah yang dibuang secara sembarangan dapat mengundang berbagai jenis bakteri, virus dan parasit. Penyakit yang disebabkan bakteri dari sampah contohnya, salmonellosis, shigellosis, keracunan makanan stafilokokus, infeksi kulit, dan tetanus.

Mengapa sampah bisa menjadi penyebab banjir brainly?

karena sampah di sungai akan membuat aliran air menjadi terhambat dan tidak berfungsi lagi. sehingga pada saat hujan turun air akan meluap dan terjadilah banjir.

Mengapa sampah menjadi penyebab utama banjir brainly?

Jawaban: Tumpukan sampah di sungai ini akan mengakibatkan permukaan air sungai menjadi lebih tinggi sejalan dengan jumlah sampah yang jatuh ke dasar sungai. Ketika permukaan perairan lebih tinggi dibandingkan permukaan tanah, maka luapan tersebut akan memasuki permukiman penduduk sehingga menyebabkan banjir.

Apa penyebab terjadinya banjir brainly?

Penyebab banjir = Kurangnya keberadaan pohon, Menutup resapan air dengan beton/semen, Curah hujan yang tinggi, Air sungai yang meluap. Cara mengatasi = Membuat daerah resapan air, Reboisasi atau menanam hutan kembali, Tidak membuang sampah di sungai, Membuat bendungan.

Apa dampak yang ditimbulkan akibat sampah yang menumpuk brainly?

Mencemari air sehingga air menjadi berbau dan keruh akibat pembuangan sampah ke sungai dan laut. Menyebabkan polusi udara akibat bau sampah dan pembakaran sampah. Menyebabkan bencana alam seperti banjir dan longsor di daerah pengunungan. Menyebabkan berbagai penyakit bagi manusia seperti tifus, disentri dan diare.

You might be interested:  Sholat Sunnah Sebelum Subuh Dilakukan Kapan?

Mengapa sampah tidak boleh di buang ke sungai?

“Karena sampah organik itu dapat menyebabkan bakteri e coli dan bisa mengakibatkan bahaya kesehatan. Dan sampah anorganik pun dapat membahayakan kelangsungan hidup biota di sungai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *