Mengapa Valentine Dilarang Islam?

Hari Valentine bukan termasuk dalam tradisi Islam. Hari Valentine dikhawatirkan menjerumuskan pemuda muslim kepada pergaulan bebas, seperti berhubungan intim atau seks sebelum menikah. Hari Valentine berpotensi membawa keburukan.
Perayaan hari valentine berasal dari kalangan non muslim, untuk itu Islam mengharamkan bagi umatnya untuk ikut-ikutan dalam perayaan tersebut. Ada beberapa alasan mengapa islam melarang umatnya untuk mengikuti perayaan tersebut, di antaranya : Valentine merupakan hari raya Bid’ah yang tidak ada dasarnya di dalam syariat islam

Kenapa hari Valentine haram bagi umat Islam?

Ada tiga alasan yang mendasari larangan tersebut: Valentine diketahui bukan termasuk tradisi Islam, jadi tidak perlu dirayakan. Valentine disebut menjurus kepada pergaulan bebas, semisal hubungan badan tetapi di luar nikah. Valentine mempunyai mudhorat yang menimbulkan keburukan.

Apa itu Valentine Menurut Islam?

Hukum Hari Valentine Menurut Islam

Hari Valentine dianggap berpotensi membawa kemudharatan atau keburukan. Meskipun agama islam menentang adanya hari valentine, namun Agama Islam selalu diajarkan untuk memberikan kasih sayang kepada sesama tanpa memandang hari.

Apakah mengucapkan Valentine dosa?

Menurut Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 3 Tahun 2017 diperingatkan bagi umat muslim bahwa haram hukumnya merayakan Hari Valentine setiap tanggal 14 Februari.

Hari Valentine untuk agama apa?

KOMPAS.com – Hari Kasih Sayang alias Valentine biasa diperingati setiap tanggal 14 Februari setiap tahunnya. Konon, sejarah Valentine bermula sebagai perayaan umat Kristiani untuk menghormati martir Kristen yang dikenal dengan nama Santo Valentine.

You might be interested:  Mengapa Listrik Berpengaruh Terhadap Globalisasi?

Apakah memberi coklat di Hari Valentine haram?

Bukan Haram, Buya Yahya Luruskan Hukum Memberi dan Menerima Cokelat di Hari Valentine Bagi Umat Muslim.

Apakah orang Islam boleh merayakan hari Halloween?

Salah satunya dengan tidak mengikuti perayaan-perayaan lain di luar ajaran agama, termasuk perayaan Halloween karena tradisi ini berasal dari budaya Pagan kuno yang menyembah berhala. Dengan demikian, dalam hukum Islam, maka perayaan Hallooween termasuk kegiatan syirik.

Agama apa yang merayakan Halloween?

Halloween adalah suatu perayaan yang dapat dijumpai di sejumlah negara pada tanggal 31 Oktober, yaitu malam Hari Raya Semua Orang Kudus (All Hallows’ Day) di Kekristenan Barat.

Kenapa Valentine disebut hari kasih sayang?

KOMPAS.com – Hari Valentine dikenal sebagai hari kasih sayang karena orang-orang merayakannya dengan hal-hal yang romantis dan penuh cinta. Misalnya saja, memberikan hadiah yang spesial seperti bunga mawar, cokelat, berlibur, atau makan malam bersama pasangan.

Apa itu Valentine menurut Kristen?

Hari valentine menurut agama Kristen bisa digunakan untuk beribadah bersama dan menjalin kasih sayang dengan sesama manusia serta alam. Hari valentine menurut agama Kristen adalah hari untuk melakukan aksi nyata. Untuk membalas kasih-Nya adalah dengan menerapkan hukum kasih dalam Alkitab yang kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *