Sampai Kapan Aphelion Terjadi?

Aphelion selalu terjadi di awal Juli. Sekitar dua minggu setelah titik balik Matahari Juni (Solstis Juni), saat itu Bumi berada pada posisi terjauh dari Matahari. Sedangkan Perihelion selalu terjadi di awal Januari. Sekitar dua minggu setelah Solstis Desember, Bumi berada paling dekat dengan Matahari.
Fenomena Aphelion berlangsung pada 4 Januari hingga Agustus.

Kapan aphelion terjadi?

Fenomena aphelion adalah waktu ketika orbit dari sebuah planet, komet, atau benda langit lainnya berada di titik paling jauh dari Matahari. Bumi juga memiliki titik aphelion yang terjadi setiap awal Juli. Jarak aphelion Bumi adalah 4.800.000 kilometer dari Matahari.

Kapan fenomena aphelion terjadi di tahun 2022?

Fenomena Aphelion 2022: Jatuh Pada Bulan Juli

Fenomena Aphelion terjadi selama musim panas di belahan bumi bagian utara. Tepatnya, fenomena Aphelion akan terjadi pada 4 Juli pukul 3:10 a.m EST. Tahun 2022 ini, bumi akan berada 94.509.598 mil dari Matahari di aphelion.

Benarkah Indonesia akan mengalami fenomena aphelion?

Plt Deputi Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Urip Haryoko menanggapi bahwa kabar tersebut tidak benar alias hoaks. Dia menyebut, fenomena cuaca dingin di beberapa wilayah Indonesia tidak terkait dengan Aphelion.

Apa penyebab aphelion?

Menurut Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Aphelion merupakan fenomena di mana posisi bumi berada pada titik terjauh dari matahari. Ini disebabkan orbit bumi tidak sepenuhnya lingkaran sempurna tetapi berbentuk elips dengan kelonjongan sekitar 1/60.

You might be interested:  Mengapa Seseorang Harus Memiliki Perilaku Hemat Dan Sederhana?

Apakah fenomena aphelion berbahaya?

‘Fenomena Aphelion tidak berdampak signifikan terhadap bumi, ini merupakan hal yang biasa terjadi saat musim kemarau seperti sekarang ini,’ ucapnya menjelaskan. 07.27 WIT pada jarak 152.100.527 kilometer. Secara umum, tidak ada dampak yang signifikan pada bumi.

Apakah aphelion mempengaruhi suhu bumi?

‘Aphelion tidak berpengaruh signifikan terhadap suhu di Bumi. Hal itu termasuk pada periode Bumi letaknya lebih dekat dengan Matahari (Perihelion),’ ujar Pelaksana Tugas Deputi Klimatologi BMKGUrip Haryoko dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (3/1).

Mengapa bumi sangat dingin?

Adapun penyebab suhu bumi menjadi dingin disebabkan karena indonesia berada pada puncak musim kemarau dan dipengaruhi pula dengan adanya aliran massa dingin dari Australia menuju asia. Posisi bumi dengan titik terjauh dari matahari juga tidak mempengaruhi panas yang diterima bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *