Setelah Pasang Iud Kapan Boleh Berhubungan Intim?

Jakarta – Setelah memasang Intrautterine Device (IUD) atau KB spiral, pasangan suami istri (pasutri) pastinya bisa kembali berhubungan intim. Namun, ada tenggat waktu yang mesti diperhatikan. dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabata menuturkan, pada umumnya proteksi yang diberikan oleh IUD terjadi setelah 24 jam pemasangan.
Setidaknya, tunggulah sampai 24 jam setelah pemasangan. Sementara untuk KB IUD hormonal, kamu perlu menunggu sampai 7 hari. Hingga saat itu, sebaiknya gunakan kondom saat berhubungan intim.

Apakah KB IUD sakit saat hubungan?

Salah satu efek samping yang wajar ditemui pada penggunaan IUD adalah ketidaknyamanan saat berhubungan seksual, meski ini lebih sering dihadapi oleh pria sebagaimana yang dirasakan oleh suami Anda ketika awal-awal penggunaan.

Flek karena IUD bolehkah berhubungan?

Menanggapi flek hitam yang muncul disini bisa saja itu merupakan sisa darah yang tertinggal pada haid sebelumnya. Sehingga untuk saat ini sebaiknya tunda dulu untuk berhubungan seksual sampai haid benar benar berhenti.

Apa yang tidak boleh dilakukan setelah pasang IUD?

Untuk mendapatkan hasil yang efektif, ternyata ada beberapa pantangan KB IUD yang harus Moms hindari setelah pemasangannya, yaitu:

  • Berhubungan Seks Tanpa Kondom.
  • Menarik benang IUD.
  • 3. Berhubungan seks saat IUD bergeser.
  • Memasukkan Apapun ke Vagina.
  • Tidak berkunjung ke dokter kandungan.
  • Setelah pasang IUD apakah boleh keluar di dalam?

    Umumnya, pasangan bisa berhubungan seksual setelah pemasangan IUD selama minimal 24 jam. Hanya saja, jangan memasukkan apapun ke dalan vagina selama kurun waktu tersebut. Bahkan untuk tampon pun, sebaiknya tunda dahulu memakainya hingga 24 jam berlalu pascapemasangan.

    You might be interested:  Mengapa Pariwisata Dikatakan Sebagai Suatu Industri Jelaskan?

    Apa Tanda IUD bermasalah?

    Salah satu tanda IUD bermasalah yakni terasa sakit saat berhubungan seks. Perasaan nyeri ini timbul akibat peletakkan alat kontrasepsi IUD tersangkut di dalam rahim atau dekat vagina. Rasa sakit bisa menunjukkan bahwa IUD telah pindah dan bergeser ke lokasi yang tidak seharusnya, seperti di leher rahim.

    Kenapa KB IUD ngeflek terus?

    Anda mungkin mengalami flek setelah pasang IUD

    Kebanyakan wanita mungkin mengalami bercak flek ringan selama beberapa hari setelah pasang KB IUD. Kondisi ini adalah efek samping sementara yang wajar terjadi karena tubuh masih beradaptasi dengan alat tersebut.

    Apa Tanda IUD bergeser?

    Tanda-Tanda KB IUD Sudah Bergeser dari Rahim

    Bicarakanlah pada dokter untuk memastikannya. Tali IUD terasa lebih pendek atau lebih panjang dari biasanya. Bila panjang tali berbeda, ada kemungkinan KB IUD bergeser. Memeriksa tali secara teratur membuat kamu lebih mudah untuk menyadari perubahan ini.

    Bolehkah berhubungan badan saat darah keluar karena pengaruh KB?

    Melihat dari apa yang anda sampaikan, apabila anda sudah menggunakan suntik KB lebih dari 1 minggu, maka tidak ada batasan waktu kapan anda dapat berhubungan. Jika flek yang anda alami sudah bersih maka anda dapat melakukan hubungan intim.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *